Apa Itu Excel



Microsoft Office Excel adalah suatu program aplikasi lembar kerja yang di buat dan didistribusikakn oleh Microsoft Corporation yang dapat di jalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki Fitur Kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing microsoft yang agresif, saat ini program ini merupakan program SpreadSheet paling banyak digunakan oleh orang.

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah Program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan , Versi pertama excel diliris untuk macitonsh pada tahun 1985 dan versi windows –nya menyusul versi 2.0 pada november 1987, excel menjadi sasaran untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel.

Hal ini di abaikan dan Microsoft membeli excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut merek,a, sehingga menggunakan nama excel juga tidak akan membawa masalah lagi. Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka di bandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya.

Arti Kata Excel (excelled) adalah melampui,mengatasi, melebihi mengungguli, Seperti kata Microsoft Excel kita dapat artiakn pula:
a.    Melampaui kemampuan produk SpreadSheet Lainnya
b.    Mengatasi soal-soal kalkulasi dan pengolahan grafik yang sangat baik.
c.    Unggul karena memiliki bahasa pemrograman yang menambah kemampuannya untuk otomatisasi dalam Excel
Manfaat Excel
a.    Menyimpan dan Mengolah Data Angka, dengan excel kita dapat membuat laporan datan keuangan, Kas, menghitung ansuran peminjaman, laporan dalam bentuk pivot dan lain-lain.
b.    Membuat Grafik dan Diagram, excel dapat kita ginakan dalam membuat grafik yang sangat ekspresif  seperti, line Chart, pine Chart, Spark Lines, dll. Komponen ini ditambah dengan diagram Visual yang dapat menjelaskan data proses  dengan lebih baik.
c.    Meng impor data dari sumber lain, jika anda ingin mengambil data dari text file atau file DBF dari aplikasi Clipper anda dapat melakukannya dengan mudah di excel.
d.    Membuat Form dan Aplikasi Komplek, excel dapat dikembangkan dengan form data User-Friendly yang memiliki tambahan seperti otomatisasi, impor halaman web, dan mengirim email secara otomatis. Hal ini karena ada macro dan script Pemrograman VBA             
                                                                         
Kelebihan Microsoft Excel
a.    User Interface yang mudah digunakan
b.    Kompatibilitas yang berbagai platform/sistem Operasi
c.    Mudah dipelajari untuk pengguna pemula/yang mulai belajar
d.    Tersedia licensi dalam bentuk  grosir
e.    Mempunyai extensi (.xls) terpopuler untuk sofware Spreadsheet
f.     Dapat membaca extensi setandar spreadsheet (.csv)
g.    Fitur Pivot untuk mempermudah manajemen data
h.    SpreadSheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL Untuk penggunaan Ssederhana.
i.      Resource Ram yang kecil di banding program sejenis
j.      Digunakan oleh bebagai industri, instansi dan pekerjaan
k.    Mendukung visual basic
l.      Menyediakan fitur Researcah pane untuk mempermudah pencarian reperensi analisa data dengan microsoft excel menurut para ahli terkait topik yang di teliti,
Kekurangan Microsoft Excel
a.      Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas
b.      Jumlah sel terbatas
c.      Add-ins untuk disiplin ilmu tertentu seperti naural  network, fuzzy dll.

   

0 Response to "Apa Itu Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel